1. Mampu menerapkan ilmu sosial dan perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan nonformal informal dan pemberdayaan masyarakat;
  2. Mampu mengidentifikasi, menganalisis masalah sosial dan menemukan kebutuhan belajar bidang pendidikan nonformal informal dan pemberdayaan masyarakat;
  3. Mampu menyelesaikan masalah bidang pendidikan nonformal informal dan pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihandan pengembangan sumber daya manusia, pendidikan dasar dan berkelanjutan dan pendidikan masyarakat berdasarkan pendekatan andragogy, pedagogi dan heutagogi serta student centered learningsecara proporsional sebagai aktualisasi dari asas pembelajaran sepanjang hayat yang mengedepankan pengembangan personal dan kultural, sosial dan komunitas, serta professional;
  4. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan nonformal informaldan pemberdayaan masyarakat berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan;
  5. Mampu mengelola (merencanakan, melaksanakan, monitoring, evaluasi dan pengembangan) program bidang pendidikan nonformal informal  dan pemberdayaan masyarakat berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan;
  6. Mampu memfasilitasi dan mendampingi program bidang pendidikan nonformal informal dan pemberdayaan masyarakat;
  7. Mampu menyusun  Karya  Ilmiah  bidang pendidikan nonformal informal dan pemberdayaan masyarakat yang  sesuai  dengan  prosedur ilmiah  berdasarkan analisis,  informasi  dan  data  serta  mampu menginterpretasikan dan mengkomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi.