BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / BERITA / PERANAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) DALAM PENGEMBANGAN & PEMBERDAYAAN 
Penyampaian Materi

PERANAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) DALAM PENGEMBANGAN & PEMBERDAYAAN 

Memiliki masyarakat yang berdaya merupakan harapan dari setiap bangsa di dunia. Sebagai upaya mewujudkan masyarakat berdaya, Pendidikan Luar Sekolah (PLS) pun  memegang peranan penting dalam pengembangan & pemberdayaan masayarakat melalui pemenuhan kebutuhan maupun pengentasan problema yang dialami oleh masyarakat, entah dari segi pendidikan, kesehatan, politik, ekonomi, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang sedang digali oleh mahasiswa pendidikan luar sekolah dengan mengadakan seminar inspiratif : peranan pendidikan luar seklah dalam pembangunan dan pemberdayaan masayarakat di Kabupaten Jember bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat (BAPEMAS) Kab. Jember , dan sebagai narasumbernya yakni Kepada bidang pengembangan perekonomin masyarakat (Bpk. Drs. Mukahir Jauhari, SH., M.Si.) pada tanggal 4 Juni 2016 bertempat di gedung dekanat FKIP UNEJ.

Dengan semakin terbukanya wawasan terkait korelasi pendidikan luar sekolah terhadap program – program pemberdayaan masayarakat, mahasiswa kedepan diharapkan agar mampu mempersiapkan diri bukan hanya melalui ranah konsep dan teori perkuliahan saja, namun implementasi dan kondisi lapang dari pelaksanaan program pemberdayaan juga harus mampu dikuasai  sebagai bekal menjadi “agen of change” dimasa yang akan datang.

Penyampaian Materi
Penyampaian Materi

Pendidikan yang Memberdayakan

Pemberdayaan adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui  serangkaian kegiatan dengan memberikan kemampuan untuk mampu berubah atau meningkatkan pengetahuan, sikap , keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya dari permasalahan dan prioritas kebutuhan individu, kelompok, atau masayarakat.

Pendidikan Luar Sekolah tentu memiliki keterkaitan dengan program pemberdayaan, sebab dalam sebuah program pemberdayaan tidak hanya sebatas pada pemberian keterampilan, pengetahuan, maupun sarana dan prasarana. Lebih dari itu, suatu program pemberdayaan harus memiliki suatu fondasi yang harus didapatkan oleh masyakat sasaran, yakni upaya penyadaran, perubahan sikap & pola pikir. Hal ini tentu tidak asing bagi kajian pendidikan luar sekolah menyangkut pendekatan maupun metode yang umumnya sasarannya adalah orang dewasa begitu juga pada program pemberdayaan masyarakat. Terlebih lagi dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat, langkah kerja yang diambil pun tidak jauh dari kajian pendidikan luar sekolah, mulai dari penjaringan data melalui identifikasi kebutuhan, penyusunan program yang berorientasi pada tujuan, hingga mobilisasi dan penciptaan iklim pada masyarakat sasaran yang tentu saja hal tersebut menjadi ranah pendidikan luar sekolah sebagai fondasi utama dalam pembentukan masyarakat yang berdaya.

Suasana Di Dalam Ruangan
Suasana Di Dalam Ruangan
Dosen Program Studi PLS/PNF
Dosen Program Studi PLS/PNF

About PLS FKIP UNEJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *